Cari Artikel

Thursday, January 23, 2020

Berenang Yuk! : Catatan Outing Class SDIT Darul Ihsan

Pontianak - Salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh siswa SDIT Darul Ihsan Pontianak adalah Outing Class. Outing Class merupakan kegiatan belajar di luar sekolah yang rutin dilaksanakan satu kali pada setiap semester. Nah, pada Outing Class kali ini sedikit berbeda. Setelah sebelumnya kegiatan Outing Class lebih banyak mengunjungi lokasi yang berada di dalam gedung, seperti Perpustakaan Daerah dan Pusat IPTEK dan Bahasa di PCC, maka kali ini para siswa SDIT Darul Ihsan diajak untuk bermain air sembari mengamalkan sunnah Nabi dan para sahabat, yaitu "berenang". Pada kesempatan ini, SDIT Darul Ihsan mengajak para siswanya ke kolam renang JC. Oevang Oeray Pontianak. Tentu saja hal ini disambut antusias oleh para siswa, namun tidak sedikit pula kekhawatiran dirasa oleh para orangtua siswa. Hal ini cukup bisa dipahami oleh pihak sekolah, mengingat sebelum dilaksanakanya kegiatan Outing ini, telah terjadi sebuah peristiwa memilukan dimana seorang siswa SMP tenggelam di sebuah kolam berenang di Pontianak. Namun, dengan kejadian serta kekhawatiran para orangtua tersebut, tidak lantas mengendurkan niat sekolah untuk tetap dapat melaksakan kegiatan yang telah dirancang jauh-jauh hari sebelumnya.

Seperti sebelumnya, kegiatan Outing Class dibagi menjadi dua hari, yaitu pada tanggal 20 dan 21 Januari 2020. Hari pertama, kegiatan akan dijalani lebih dahulu oleh peserta ikhwan (laki-laki) dari kelas 1 - 6 ditambah peserta akhwat (perempuan)  kelas 1. Di hari pertama, kami menggunakan 3 buah bis dari Dinas Perhubungan Kota Pontianak. Sebelum berangkat, para siswa diajak untuk menunaikan shalat dhuha di Masjid Azzakiyah, setelah itu mereka dibagi kelompok untuk kemudian diberangkatkan menuju lokasi. Sesampainya di lokasi, anak-anak diajak untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu guna menghindari cedera disaat berenang. Anak-anak terlihat sangat bersemangat dan tidak sabar untuk segera melompat ke dalam kolam renang. Setelah pemanasan, maka para siswa SDIT Darul Ihsan langsung dipersilahkan untuk berenang. Disini semakin telihat antusias mereka yang bergitu besar - ya namanya juga anak-anak, hehe. Raut kebahagiaan terus terpancar dari wajah mereka yang lugu ini. 

Di sisi lain, para dewan guru senantiasa siap siaga menjaga dan memperhatikan gerak gerik mereka tanpa harus mengusik kesenangan mereka. Selama kurang lebih dua jam, mereka diberikan kesempatan untuk mengeksplor fasilitas yang terdapat di lokasi tersebut. Ada yang naik seluncuran , ada yang menunggu dibawah "ember" besar untuk dapat menikmati siraman air yang "tumpah" dan juga ada yang fokus dengan berenangnya. Saking serunya, waktu pun berlalu tanpa disadari. Saatnya mereka untuk berbilas dan mengganti pakaian. Sebelum mengakhiri dan kembali pulang ke sekolah, para siswa lalu diajak untuk menikmati "catering" yang telah disediakan oleh pihak kantin sekolah. Setelah makan, mereka pun kembali ke sekolah untuk kemudian dijemput oleh orangtua masing-masing.

Hari kedua dijalani oleh peserta akhwat (perempuan) dari kelas 2 - 6. Sama seperti dihari sebelumnya, sebelum ke lokasi, mereka shalat dhuha dan bagi kelompok. Pada hari ini, mereka berangkat dengan menggunakan 2 buah bis dari Dinas Perhubungan Kota Pontianak. Para siswi akhwat SDIT Darul Ihsan juga tidak kalah antusiasnya dengan para siswa ikhwan. Sesampainya di lokasi, mereka segera melakukan pemanasan yang dipimpin oleh Pak Angga dan bu Irma, guru PJOK SDIT Darul Ihsan. Segera setelah pemanasan, satu per satu dari mereka mulai memasuki kolam renang. Ada yang mulai berenang, ada yang langsung menaiki seluncuran dan ada yang menunggu "siraman air". Dua jam berlalu tanpa terasa, mereka pun akhirnya bersiap-siap untuk berbilas, ganti pakaian dan menikmati "catering". Tepat waktu Zhuhur, semua peserta sudah kembali ke sekolah.

Begitulah catatan singkat kegiatan Outing Class semester genap tahun 2020 ini. Walaupun diawali dengan kekhawatiran dari orangtua siswa, namun atas izin Allah, kegiatan ini pun dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala yang berarti. Alhamdulillah. :) 

Admin, 24 Januari 2020


No comments:

Post a Comment